Jamah Ruang adalah situs blog yang berisi artikel-artikel motivasi dan pengembangan diri. Sekumpulan artikel ini bukan untuk menggurui, namun mengingatkanmu kembali pada proses introspeksi diri.

Jangan Jadikan Tugas Sebagai Beban

menyelesaikan-tugas
pexels.com

Pada suatu waktu mungkin kamu mulai jenuh dengan adanya tugas yang menumpuk di meja. Mungkin kamu mulai lelah dengan semua itu. Dan mungkin juga kamu merasa begitu letihnya sampai berpikir bahwa kamu tidak sanggup untuk menyelesaikan semuanya.

Oke, itu semua adalah hal yang wajar. Sekarang mari kita coba melihat tugas-tugas itu dari sudut pandang yang lain. Tugas adalah hal yang wajib dikerjakan. Mengerjakan setiap tugas adalah sebuah tanggung jawab. Ya, kita semua setuju akan hal itu.

Lalu kenapa semua itu terasa begitu berat? Sekarang tanyakan lagi pada dirimu sendiri. Kamu anggap sebagai apa tugas-tugas yang sedang kamu pikul itu? Apakah kamu menganggapnya sebagai beban yang harus cepat-cepat kamu kurangi dari pundakmu? Kalau iya, tentu itu akan terasa berat. Karena tujuan kamu mengerjakan tugas itu hanya agar bebanmu berkurang. Hanya agar tugasmu selesai. Itu saja. Maka tak ada kenikmatan setiap mengerjakannya.

Jadi sekarang, bagaimana agar tugas itu tidak terasa berat? Cobalah tips-tips berikut ini.

  • Jangan Menganggapnya Sebagai Beban

Seperti yang sudah saya katakan di atas tadi, menganggap tugas sebagai beban hanya akan membuatnya semakin terlihat berat. Walaupun kenyataannya tidak begitu. Anggaplah itu sebagai sesuatu yang memang sewajarnya harus kamu lakukan. Atau anggap sebagai hal lain yang tidak membuatmu merasa terbebani dengan keberadaannya.

  • Lakukan dengan Senang Hati

Nikmati saja. Jangan merasa terpaksa. Merasa terpaksa mengerjakannya membuat hasil yang dicapai kurang maksimal. Selain itu, juga malah akan membuatmu merasa tertekan. Maka nikmatilah tugas yang sedang kamu kerjakan. Ketika kamu menikmatinya, biasanya kamu tak sadar tahu-tahu tugasmu sudah selesai karena saking asyiknya kamu mengerjakan.

  • Fokus Pada Satu Tugas Terlebih Dahulu

Selesaikan tugasmu satu per satu. Saat sedang mencoba menyelesaikan suatu tugas, berusahalah untuk tidak memikirkan tugas yang lain. Fokus saja pada apa yang kamu kerjakan saat ini. Memikirkan tugas lain saat mengerjakan tugas, malah akan membuatmu merasa bahwa tugasmu begitu banyak dan tak kunjung selesai. Tetap fokus.

  • Berikan Reward Untuk Dirimu Sendiri Jika Berhasil Menyelesaikan Tugas

Kamu juga perlu sebuah perayaan kecil. Mendengarkan musik, menonton satu episode film serial, membelikan dirimu es krim/makanan, atau hal kecil lain yang membuatmu senang dan mood-mu membaik. Dengan melakukannya kamu merasa lebih menghargai dirimu dan jerih payahmu setelah menyelesaikan tugas.

  • Nikmati Kepuasanmu

Rasakan betapa leganya ketika selesai mengerjakan tugas. Lalu pikirkan juga ketika akan memulai mengerjakan tugas yang lain, pikirkan bahwa kamu akan mendapat kepuasan yang lebih ketika satu per satu tugasmu mampu terselesaikan.
Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts