Jamah Ruang adalah situs blog yang berisi artikel-artikel motivasi dan pengembangan diri. Sekumpulan artikel ini bukan untuk menggurui, namun mengingatkanmu kembali pada proses introspeksi diri.

Ketika Terlalu Berlebihan Memikirkan Sesuatu

Over thinking
pexels.com

Overthinking adalah ketika seseorang memikirkan sesuatu hal secara berlebihan, bahkan untuk hal-hal yang amat sepele sekalipun.

Memikirkan sesuatu bukanlah kesalahan, malah itu keharusan. Yaitu untuk mempertimbangkan segala kemungkinan yang bisa terjadi dan menemukan cara mengahadapi setiap kemungkinan itu. Tapi yang namanya berlebihan itu tidak baik. Alih-alih menyiapkan diri menghadapi segala kemungkinan, kamu malahan tenggelam di alam pikiran yang bercabang dan tiada hentinya.

Pikiran yang terlalu bercabang hanya akan membuatmu kebingungan. Karena banyaknya pikiran yang kamu buat, di antaranya juga pasti terdapat pikiran-pikiran negatif. Pikiran negatif ini yang akan mendatangkan perasaan cemas dan khawatir.

Bagaimana kalau seandainya nanti saya begini? Apa yang harus saya lakukan? Saya rasa saya tidak bisa menghadapinya...

Ketika mulai muncul rasa cemas dan takut, itu adalah pertanda kamu harus segera menghentikan pikiranmu yang terlalu bercabang. Pangkas pikiran itu menjadi lebih sederhana. Jangan membuatnya begitu rumit. Atau kamu hanya akan dipermainkan terus menerus dan tidak berpindah ke mana-mana. Kamu hanya akan menetap di sana bersama pikiranmu yang rumit itu.

Apa yang harus dilakukan? Buat semudah mungkin. Pikirkan sesederhana mungkin. Dan yang paling penting adalah segera lakukan. Sebelum pikiranmu yang berlebihan menghalangimu lebih jauh lagi. Sebelum rasa percaya dirimu luntur dan hilang.

Setelah sedikit demi sedikit kamu jalani, kamu akan merasa bahwa itu tak serumit apa yang kamu pikirkan.

Selain membuatmu merasa cemas dan takut, pikiran yang berlebihan juga membuang-buang waktumu. Berikan lebih banyak waktumu untuk mengambil tindakan. Kamu tidak bisa hanya terus-terusan berpikir tanpa bertindak, bukan?

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di waktu mendatang. Kamu bukan peramal. Jangan selalu berpikir bahwa semuanya akan berjalan dengan tidak baik, pikirkanlah semuanya akan baik-baik saja. Berikan usaha terbaikmu untuk itu.

Dan tidak ada yang sempurna. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu akan melakukan kesalahan sampai membuatmu takut untuk bergerak. Jika kamu menunggu kesempurnaan, kamu tak akan pernah bisa memulai untuk melakukannya. Yang ada adalah peningkatan. Peningkatan hanya akan terjadi bila kamu, setidaknya memulai untuk melakukannya.

Segeralah pangkas pikiran bercabangmu. Dan mulai memberikan lebih banyak waktu untuk mengambil aksi.
Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts