Jamah Ruang adalah situs blog yang berisi artikel-artikel motivasi dan pengembangan diri. Sekumpulan artikel ini bukan untuk menggurui, namun mengingatkanmu kembali pada proses introspeksi diri.

Focus Now!

fokus pada langkah yang sekarang
pexels.com


Terjebak di masa lalu membuatmu marah, dendam, kecewa, dan menyesal. Terjebak di masa depan membuatmu takut, cemas, dan gelisah. Masa sekarang adalah yang utamanya harus diperhatikan. Fokus pada saat ini akan membuatmu melakukan apa yang memang bisa dilakukan.

Masa lalu adalah pelajaran. Kesalahan-kesalahan adalah bagian dari pengalaman. Tentu kita sering mendengar pepatah populer "Pengalaman adalah guru terbaik". Masa depan adalah rencana dan harapan. Masa sekarang adalah kunci.

Terlalu fokus pada masa lalu tidak akan memperbaiki kesalahan yang lalu. Terlalu terbuai dengan masa depan tidak akan membuatmu mencapainya. Masa sekarang adalah masa untuk memperbaiki kesalahan yang lalu. Masa sekarang adalah waktunya untuk mewujudkan masa depan yang kamu inginkan.

Jadi, fokuskan dirimu dengan masa sekarang ini. Memikirkan hal yang perlu dilakukan, lalu dengan segera melakukannya.

Seperti naik tangga, satu per satu anak tangga itu kamu tapaki. Jika kamu fokus pada langkahmu maka tak terasa tiba-tiba kamu sudah melangkah sampai sejauh itu. Terus menengok ke belakang dan tak memperhatikan langkahmu, bisa membuatmu terjatuh. Sedangkan jika terlalu memperhatikan puncak tangga yang kamu rasa terlalu jauh, bisa membuatmu merasa lelah karena seolah-olah kamu tak kunjung sampai dan bahkan kamu merasa apa yang kamu lakukan sepertinya sia-sia saja.

Masa lalu dan masa depan juga perlu untuk ditengok. Tapi itu untuk menyiapkan langkah terbaik yang sedang kamu rencanakan. Bukan untuk membuatmu terjebak.

Focus Now!
Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts