Jamah Ruang adalah situs blog yang berisi artikel-artikel motivasi dan pengembangan diri. Sekumpulan artikel ini bukan untuk menggurui, namun mengingatkanmu kembali pada proses introspeksi diri.

Menjadi Diri yang Positif dengan Berpikir Positif

berpikir positif


Di kehidupan sehari-hari ada saja hal-hal yang mengundang kita untuk berpikiran negatif. Yang nantinya juga bisa memunculkan perasaan-perasaan negatif seperti cemas, gelisah dan pesimis. Pikiran negatif memang tidak bisa benar-benar hilang sepenuhnya. Namun dengan berpikir positif lebih banyak, pengaruh dari pikiran negatif akan semakin berkurang.

Yang Kamu Dapat Saat Berpikir Positif

Dengan terus berpikir positif maka akan terbentuk juga citra diri yang positif. Stress, yang merupakan dampak dari pikiran negatif akan berkurang. Berkurangnya stress ini membawa dampak yang sangat baik bagi kondisi psikis maupun fisik.

Tentunya pikiranpun menjadi lebih tenang. Pikiran yang tenang membuat seseorang lebih mudah dalam memecahkan persoalan sekaligus cenderung lebih bahagia.

Tingkat kepercayaan diri dapat ditingkatkan dengan berpikir positif. Cara pandang yang terus diarahkan pada hal-hal positif akan membuatmu lebih bersikap optimis. Tantangan yang sedang dihadapipun dapat diselesaikan dengan lebih baik.


Beberapa Cara Untuk Tetap Berpikir Positif

Berpikir positif membuatmu dapat meraih banyak hal. Seperti prestasi, kesuksesan dan kebahagiaan. Orang yang berpikir positif mempunyai sikap optimis, bersemangat dan pantang menyerah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya pikiran positif terus terjaga.


  • Membaca buku

Membaca buku membuatmu jadi tahu banyak hal. Motivasimu akan terus bertambah sekaligus memberi ide-ide baru dalam pikiranmu. Perbanyaklah membaca buku terutama yang sifatnya mampu memberi semangat dan inspirasi baru.


  • Ciptakan ruang lingkup yang positif

Pergaulan sangat mempengaruhi karakter seseorang. Dikelilingi oleh orang-orang yang mempunyai sifat-sifat positif membuat jiwamu mendapat asupan energi positif dari mereka. Ciptakanlah ruang lingkup yang positif di manapun kamu berada. Termasuk ketika sedang membuka media sosial.


  • Sering membantu orang lain

Membantu orang bukan hanya menyenangkan orang yang ditolong tetapi juga termasuk yang menolong. Ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri bagi si penolong setelah memberikan bantuannya.


  • Saling menyemangati

Percaya atau tidak ketika kamu sedang menyemangati orang, kamu juga ikut tersemangati oleh kalimat yang kamu ucapkan sendiri. Ketika sedang dalam kondisi bingung dan nge-down, maka jangan ragu untuk meminta saran dan dukungan dari orang terdekatmu.
Share:

1 comment:

  1. pemikiran negatif memang sangat tidak baik walaupun kita tidak bisa menghilangkannya seratus persen setidaknya mencoba lebih banyak berpikir positif itu akan lebih baik , ketenangan dan semangat ketika kita berfikir positif kita akan dapatkan itu kehidupanpun bisa menjadi lebih terkendali dan berjalan lebih baik


    Belajarlah berpikir positif dan tenang

    ReplyDelete

Recent Posts