Jamah Ruang adalah situs blog yang berisi artikel-artikel motivasi dan pengembangan diri. Sekumpulan artikel ini bukan untuk menggurui, namun mengingatkanmu kembali pada proses introspeksi diri.

Merasa Tidak Dipahami Orang Lain?

pexels.com

Bagaimana rasanya ketika dirimu merasa tak ada yang bisa memahami? Sedih? Kecewa? Dan beberapa perasaan lain. Lalu mengarah pada perasaan kesepian. Kita berpikir betapa orang lain tak mampu memahami kita. 

Perasaan yang timbul dalam benakmu, kamu merasa tersisih, meaningless, begitu tak bermakna. Tentu saja kadang-kadang merasa marah, entah kepada mereka atau bahkan kepada diri sendiri. Tapi jangan tenggelam dulu dalam perasaan itu. Ada sisi-sisi lain yang harus dilihat terlebih dahulu sebelum menyalahkan siapapun.

Memahami orang lain adalah sesuatu yang sulit. Tak ada yang benar-benar mampu melakukan itu, memahami orang lain sepenuhnya. Sekarang kita bisa renungkan sejenak tentang pengalaman kita dalam memahami orang lain. Apakah kita benar-benar mampu memahami mereka sepenuhnya? Tidak bisa, hanya sebagian kecil saja yang mampu kita pahami. 

Cobalah untuk mengingat-ingat lagi, seberapa banyak kamu mampu memahami orang terdekatmu? Orang yang kamu anggap paling terkoneksi dengan batinmu. Sewaktu-waktu kamu masih dibuat terkejut. Jika kamu orang yang gampang nyeletuk, bisa saja bilang, "Nggak paham deh sama dia". Tidak mengherankan, karena memahami orang lain bukan perkara mudah. Dibutuhkan empati dan kesadaran yang tinggi untuk bisa melakukannya.

Hal lain lagi, tak semua orang mau melakukannya. Bisa saja karena sulitnya melakukan itu. Kegiatan ini memang penting untuk bisa menjalin komunikasi yang harmonis. Namun tak semua orang bisa dan tak semua orang mau. Mereka juga memiliki keinginan yang sama, yaitu keinginan untuk dipahami juga. 

Ya, semua sama. Semua memiliki keinginan untuk dipahami. Walaupun dengan takaran berbeda-beda. Karena ketika kita merasa dipahami, kita akan lebih merasa berharga. Tidak merasa asing di tengah-tengah lingkup sosial.

Kamu perlu waktu untuk dirimu sendiri. Tak ada orang lain yang bisa memahamimu sebaik diri kamu sendiri. Ketika kamu merasa kesepian karena ingin dipahami, resapilah bahwa tak sedikit orang merasakan hal yang sama denganmu. Karenanya, tingkatkan kemampuanmu untuk memahami orang lain. Untuk memahami orang-orang terdekatmu. Membahagiakan mereka yang kamu sayangi sama saja dengan membahagiakan dirimu sendiri.
Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts