Jamah Ruang adalah situs blog yang berisi artikel-artikel motivasi dan pengembangan diri. Sekumpulan artikel ini bukan untuk menggurui, namun mengingatkanmu kembali pada proses introspeksi diri.

Penyebab Sering Lupa yang Mesti Dihindari


Manusia mana yang tidak pernah mengalami kelupaan? Bisa dibilang, semuanya pernah mengalami. Lupa adalah kondisi di mana suatu informasi menghilang dari ingatan. Fenomena lupa bagi sebagian orang mungkin masih bisa ditolerir, namun tidak jarang sifat lupa ini amat merepotkan. Bagaimana kalau lupa pin ATM yang baru saja dibuat? Bagaimana kalau lupa menarug kunci brangkas dokumen penting?

Tentu kita juga penasaran, sebenarnya apa sih yang membuat seseorang gampang lupa terhadap sesuatu hal. Penyebabnya bisa bermacam-macam, di antaranya adalah berikut ini :

Stress / depresi

Pada saat kondisi psikis dalam keadaan tertekan apalagi ditambah dengan emosi negatif yang mengikutinya, otak cenderung mengalami penurunan fungsi kognitifnya. Jika kondisi ini menimamu, maka usahakan untuk tetap tenang dan berpikir positif sampai masalah yang dihadapi teratasi.

Kurang tidur

Setelah menjalani berbagai aktivitas seharian, otak perlu diistirahatkan. Seperti juga organ tubuh lainnya, adalah supaya segar kembali. Kurang tidur baik secara kualitas maupun kuantitas akan menyebabkan konsentrasi menurun. Daya ingat bisa terganggu jika konsentrasi sedang tidak baik.

Cidera Kepala

Ini terjadi ketika kepala mengalami benturan terlalu keras. Kamu tentu pernah mendengar tentang orang yang hilang ingatan setelah mengalami suatu kecelakaan? Nah, itu adalah salah satu efek fatal cedera pada kepala.

Di dalam kepala banyak saraf penting dan rawan yang langsung terhubung ke otak. Maka sangat penting untuk menjaga kepala dari berbagai benturan. Sehingga kinerja saraf tidak terganggu dan kamu tidak menjadi pelupa karena hal itu.

Rokok dan Alkohol 

Jika kamu seorang perokok atau peminum berat dan mempunyai daya ingat yang kurang bagus, maka pertimbangkan kembali kembali kebiasaanmu. Menghisap rokok berarti sama dengan menghisap nikotin dan zat beracun lainnya. Nikotin bisa membuat pembuluh darah menyempit sehingga peredaran darah akan terhambat. Termasuk darah yang mengalir ke otak.

Sementara alkohol, akan membuat otak berhenti memproses dan menyimpan informasi baru. Ini yang terjadi di saat kamu sedang mabuk. Alkohil bisa membuat kemampuan berpikir seseorang menurun. Maka tidak heran jika orang mabuk suka ngelantur, baik dari cara bicara maupun tingkahnya. Mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang dan berlebihan tentu bisa membahayakan otak yang juga berefek pada daya ingat.

Tidak Fokus

Dalam menangkap informasi baru diperlukan antusias. Alasannya, jika kita kurang antusias untuk menangkap informasi maka kadang otak akan menganggap informasi itu tidak penting. Karena tidak penting, informasi tersebut tidak tersimpan lama dalam memori.

Maka hindari gangguan yang membuatmu tidak fokus agar kamu tetap antusias dan bisa mengingat dengan baik.

Nah, itulah hal-hal umum yamg membuat seseorang menjadi mudah lupa. Sebenarnya banyak alasan yang lebih khusus, seperti penyakit pada saraf dan sebagainya. Hindari hal-hal di atas agar kamu terhindar dari sifat lupa yang kadang merepotkan. :D
Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts